Tuesday, 20 October 2015

Dasar-Dasar Pelatihan Pemograman Java -Part 1


1. Persiapan

1.1 Peralatan yang Diperlukan
Pada pelatihan Java Dasar ini, peralatan yang diperlukan adalah :
1. Java Development Kit versi 1.6 keatas.
2. Java Runtime Environtment versi 1.6 keatas.
3. NetBeans IDE versi 6.9 keatas.

1.2 Java Development Kit
Java Development Kit merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk melakukan proses kompilasi dari kode Java menjadi bytecode yang dapat dimengerti dan dapat dijalankan oleh Java Runtime Environtment.
Java Development Kit wajib terinstall pada komputer yang akan melakukan proses pembuatan aplikasi berbasis Java. Namun Java Development Kit tidak wajib terinstall di komputer yang akan menjalankan aplikasi yang dibangun menggunakan Java.

1.3 Java Runtime Environtment
Java Runtime Environtment merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk menjalankan aplikasi yang dibangun menggunakan java. Versi JRE harus sama atau lebih tinggi dari JDK yang digunakan untuk membangun aplikasi agar aplikasi dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

1.4 NetBeans IDE
NetBeans IDE merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk membangun perangkat lunak yang lain. NetBeans IDE dapat digunakan untuk membangun perangkat lunak berbasis Java Standard Edition, Java Enterprise Edition, Java Micro Edition, JavaFX, PHP, C/C++, Ruby, Groovy dan Python.
Modul Pelatihan Java Dasar

2 Dasar-Dasar Bahasa Pemrograman Java

2.1 Program Hello World

public class HelloWorld {public static void main(String[] args) {System.out.println("Hello World");}}
Pada kode diatas, kita telah membuat sebuah program sederhana yang menampilkan tulisan “Hello World” pada console. Terdapat beberapa aturan dalam membuat program dalam Java yaitu :
1. Nama file harus sama dengan nama kelas program. Misal pada kode diatas nama kelasnya adalah HelloWorld, maka nama file harus HelloWorld.java.
2. Hanya boleh terdapat satu kelas public pada sebuah file.
3. Kelas yang menjadi program harus memiliki metode public static void main(String[] args)
4. Terminal pada Java menggunakan tanda ; (titik koma).
2.2 Tipe Data
Terdapat beberapa tipe data primitive yang ada di Java yaitu : Tipe Data Keterangan

boolean     true atau falsechar            Karakterbyte           -128 - 127short          -32768 - 32767int                -2147483648 - 2147483647long             -9223372036854775808 - 9223372036854775807double       4.9E-324 - 1.7976931348623157E308float             1.4E-45 - 3.4028235E38

String bukanlah merupakan tipe data di Java, String merupakan Object. Namutn string memiliki keunikan yaitu String dapat langsung dibuat tanpa harus membuat Object.


2.3 Variabel
Variabel merupakan sesuatu yang digunakan untuk menampung sebuah data. Sebuah variabel harus ada dalam sebuah kelas atau metode. Pembuatan sebuah variabel di Java terlihat pada kode dibawah ini.
Tipevariabel namavariabel;
Tipe variabel dapat berupa tipe data atau kelas, misal :

int nilai;char indexNilai;

Untuk menambahkan nilai ke sebuah variabel, maka dapat menggunakan tanda = (sama dengan) , misal jika kita akan menambahkan nilai 100 pada variabel nilai dan A pada variabel indexNilai, maka dapat terlihat pada kode dibawah ini.
int nilai;char indexNilai;nilai = 100;indexNilai = 'A';
Atau dapat juga langsung saat pembuatan sebuah variabel.
int nilai = 100;char indexNilai = „A‟; 

Syarat-syarat penamaan variabel adalah :
1. Harus diawalai dengan huruf
2. Tidak boleh terdapat karakter unik seperti @, #,% dan lain-lain
3. Tidak boleh mengandung karakter putih (spasi, enter, tab)





TAGS: 
dasar pemrograman java pdf
belajar dasar pemrograman java
belajar dasar pemrograman java dengan netbeans
struktur dasar pemrograman java
latihan soal pemrograman dasar
kursus pemrograman java
kursus pemrograman java online
belajar dasar pemrograman java dengan netbeans
soal pemrograman dasar java
dasar pemrograman c++ pdf
dasar pemrograman web
dasar pemrograman komputer
dasar pemrograman php
dasar pemrograman delphi
dasar pemrograman web dinamis menggunakan php
belajar pemrograman android dengan netbeans
tutorial pemrograman java dengan netbeans
belajar dasar pemrograman web
belajar dasar pemrograman c++
belajar dasar pemrograman php
belajar java dengan netbeans untuk pemula
belajar java dengan netbeans pdf
belajar gitar untuk pemula dengan cepat
belajar java untuk pemula pdf
belajar java eclipse untuk pemula
tutorial belajar java untuk pemula
belajar java script untuk pemula
belajar pemrograman java untuk pemula

Pengertian WPAP dan Sejarah Singkatnya

                 


WPAP merupakan singkatan dari Wedha's Pop Art Potrait adalah gaya seni pop art yang dipopulerkan oleh Wedha Abdul Rasyid yang sekaligus pembuat aliran ini. WPAP dahulu bernama FMB ( Foto Marak Berkotak ). Secara teknik, WPAP mempunyai ciri khas tertentu dalam penggambaran objek, dimana dalam WPAP anda akan menemukan bidang berkotak-kotak dan penuh dengan warna-warni antar bidang tanpa menghilangkan karakter objek atau model yang digambar. Dalam WPAP anda pasti tidak akan menemukan bidang-bidang lengkung sebab itulah WPAP mempunyai ciri khas tertentu yang membuat WPAP mempunyai keunikan tersendiri dalam segi teknik pembuatan.




Sejarah Singkat WPAP


Dimulai sekitar tahun 1990-1991 berawal dari kegelisahan menggambar sosok manusia yang realis karena seiring bertambahnya usia. Menurut Wedha, gambar sosok manusia realis mempunyai tingkat kesulitan paling tinggi di tambah dengan faktor memilih, mencampur warna menjadi hal yang menyulitkan. Kemiripan warna kulit manusia, kehalusan goresan, menjadi sesuatu yang mahal bagi Wedha.

Dari kegelisahaan itulah, Wedha mulai memikirkan cara melukis sosok manusia dengan cara yang lebih mudah dengan mengutak atik titik, garis dan bidang. Berawal dari situ mulailah Wedha membayangkan gambar sosok manusia sebagai kumpulan bidang-bidang datar yang dibentuk oleh garis-garis imajiner.
Sebelum menemukan cara membuat seperti sekarang ini dimana teknologi sangat membantu mempermudah dalam pembuatan WPAP Wedha harus melalui proses yang begitu panjang dari membuat WPAP dengan manual sampai ke digital pada era sekarang ini.

Berikut ini adalah proses WPAP yang dilalui pak Wedha Abdul Rasyid Dari Masa Ke masa











LIHAT JUGA YA KARYA WPAP SAYA :D DISINI


TAGS :

  1. wpap software
  2. wpap art
  3. wpap adalah
  4. wpap tutorial
  5. wpap online
  6. wpap tutorial photoshop
  7. photos wpap
  8. sejarah wpap
  9. wedha abdul rasyid
  10. wpap tutorial
  11. wpap online
  12. wpap online maker
  13. wpap online editor
  14. wpap online generator
  15. wpap creator online
  16. wpap art online
  17. aplikasi wpap online
  18. wpap online editor
  19. wpap creator
  20. wpap maker software
  21. wpap online generator
  22. edit wpap online

  • pop art artists
    1. pop art tutorial
    2. pop art definition
    3. pop art maker
    4. pop art characteristics
    5. pop art for kids
    6. pop art history
    7. pop art movement
    8. pop art definition
    9. pop art artists
    10. pop art movement
    11. pop art world
    12. pop art images
    13. pop art in britain
    14. pop art analysis
    15. pop art painting

    Monday, 19 October 2015

    Sunday, 18 October 2015

    Friday, 16 October 2015

    Fungsi Icon Trim Pada corelDRAW




    Assalamualaikum para desainer... kali ini saya akan berbagi info tentang "Trim" buat kakak-kakak pro sih gausah dijelasin lagi ya :p...
    Sebenernya sih ini info ga penting tapi penting :v [gimana sih -_-]
    Trim sering digunakan para LogoDesain untuk mempermudah mereka mendesain logonya (seperti saya :v) langsung saja baca artikel yang tidak penting ini ya :v

    Trim

    Trim berfungsi untuk memotong objek dengan objek lain yang bersinggungan. Pada trim objek pertama yang diseleksi akan memotong objek kedua yang diseleksi. Untuk contoh, si Blackky (Kotak Berwarna Hitam) yang pertama kita klik, dan akan memotong si Mawar (Kotak berwarna merah) yang di klik  terakhir, meskipun si Mawar berada di atas si Blackky. lihat gambar ga.penting.1

    SEBELUM DI TRIM



    SESUDAH DI TRIM





    ini contoh karya gue yang menggunakan icon TRIM ini
    terlihat ada bercak di gambar, cara membuatnya menggunakan proses Trim, lalu bahan trim di hapus, dan jadilah seperti ini..... taraaa....


    Sekian info gapenting dari saya... semoga bermanfaat banget buat kalian ya :D wassalamualaikum....


    TAGS : 

    fungsi tool pada corel draw fungsi toolbar pada corel draw fungsi menu pada corel draw  fungsi toolbox pada corel draw fungsi shape tool pada corel draw fungsi pick tool pada corel draw fungsi tool pada coreldraw fungsi trim php fungsi trim pada sqlfungsi trim pada autocadfungsi trim pada corel drawfungsi trim pada javafungsi trim excelfungsi trim weldfungsi trim di excel



    Terjun ke Dunia Desain Grafis itu Mudah



    Saya Pradika, Status pelajar di SMAN 1 Cibarusah, Bekasi (kalo gatau cari di google) :v, kegiatan sehari-hari saya hanyalah bermain game, maen laptop, ngoprek android, dan BELAJAR (kalo lagi niat), saya mulai terjun ke dunia desain grafis sejak 1 bulan yang lalu, sebelumnya saya tidak pernah belajar apa itu "corelDRAW", "LogoDesign", "PosterDesign". itu semua asing bagi saya yang sebelumnya juga sibuk pacaran Blogging (meskipun ga menghasilkan apa-apa) -_-, dari kegiatan blogging, saya kenal dengan Cewe HTML, CSS, JavaScript, namun itu semua bikin kepala saya seperti ditekan oleh pantatnya SUMO. <head> <head/> <marquee> apalah itu -_- rasanya mata udah kelilipan garis miring kalo udah kodein si Cewe HTML.

    Suatu hari.... Saya pergi kesekolah dan bersekolah seperti biasa layaknya murid teladan (TelatDatangPulangDuluan) ,tak ada yang menarik di sekolah kecuali Sang Gebetan yang menyapaku disaat aku tak kuat lagi menajalani sekolahku :v (abaikan), sampai saat seorang guru memberitahukan ada lomba "POSTER" di IPB yang diselenggarakan oleh UKF IPB [Bisa di cek disini] dan guru tersebutpun mencantumkan nama saya di lomba Poster tersebut bersama teman saya.

    Saya bersama teman saya pun harus mendesain poster dengan tema "pencemaran laut" disitu saya bingung, pusing, mual, masuk angin, pegal-pegal, dan encok ringan saat saya harus membuat poster dengan tema tersebut untuk seleksi pertama desain poster UKF IPB, dengan skill corelDRAW yang masih sebesar tahi lalat saya harus mengikuti lomba poster se pulau jawa -_-

    saya belajar banyak dari teman saya tentang corelDRAW, mulai dari fungsi pickTools sampai ke Tombol Exit saya pelajari sampai benar-benar skill corelDRAW saya matang. Perjuangan saya untuk bisa corelDRAW pun tidak hanya belajar sampai disitu, saya mencoba sedikit peruntungan di 99Designs.com sebagai latihan bagaimana cara memahami keingnan orang untuk membuat sebuah design grafis. saya bekerja keras bagaikan kuli yang sedang membangun sekolahan bertingkat 3. sambil belajar, kali aja dapet duit di 99Designs.com. istilahnya "sambil berenang minum kopi air"  saya-pun giat mengikuti kontes desain disana. sering memahami keinginan orang yang berbeda-beda, mulai dari ingin dibuatkan logo dengan bacaan saja, sampai logo yang tidak ada bacaannya. disitu saya belajar bagaimana "mengekspresikan kata-kata kedalam sebuah gambar".

    singkat cerita, ada sebuah kontes, dan CHnya (Breats Contes Holder) suka dengan desain saya, sayapun di message terus, diberi feedback positiv dan request agar logo saya diberi ini itu sesuai keinginan dia, sayapun menurut, saya lakukan sebagaimana yang dia inginkan, bayangkan... ada duit $200 (Rp2.700.000) di depan kalian, untuk dapetinnya cuma disuruh liat layar komputer dan ngeklik mouse. its easy bro... dan.............. benar saja, saya menangkan kontes tersebut. gilaaa..... ini baru namanya "sambil menyelam minum susu" rasanya manis broo... selain mendapat pengalaman, sayapun mendapat daun uang yang berjumlah 2jeti.

     Bersambung..............


    tags :
    luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com